Tips Cara Merawat Dan Budidaya Pohon Tabebuya

Suasana Kota Pahlawan menjadi lebih berwarna, dan bunga Tabebuya mekar di bulan November. Di tengah cuaca Surabaya yang terik di siang hari, bunga-bunga Tabebuya yang berwarna-warni dapat menenangkan masyarakat yang melintasi bagian batang kayu.

Pohon tabebuya yang ditanam 10 tahun lalu di pinggir jalan berwarna merah muda, kuning dan putih. Pesonanya bisa membuat pengendara parkiran sejenak untuk mengabadikan momen dengan bunga tabebuya.

Tips Cara Merawat Dan Budidaya Pohon Tabebuya

Ketika Rohim Yuliadi melihat antusiasme masyarakat terhadap bunga Tebebuya yang indah, direktur DKRTH Ruang Terbuka Surabaya, dia mengatakan bahwa bunga Tabebuya dapat dinikmati di Taman Harmoni. Alasannya adalah tidak ada taman khusus untuk Tabebuya.

Kami telah membuat kebun mekar, satu blok berisi tabebuya, satu blok berisi bunga cakar naga, itu di Taman Harmoni, kata Rohim kepada ngopibareng.id pada Selasa, 19 November 2019.

Bunga mirip dengan bunga sakura dapat dinikmati di bagian log Surabaya Barat, Surabaya Tengah, Surabaya Timur 1, Surabaya Timur 2 dan Surabaya Utara di selatan.

Di Surabaya Barat, situs Tabebuya berkembang di KPU (sisi dan depan) di sepanjang Mayjend Sungkono (pejalan kaki) bersama sisi TM. Makam pahlawan sepanjang Adityawarman sepanjang hari. Muhammad, Kupang Baru, Sukomanunggal, Raya Tandes, Tanjungsari dan banyak lagi kata Rohim.

Tidak hanya bunga Tabebuya, pemerintah kota (Pemkot) Surabaya akan menanam lebih banyak pohon pada awal 2020. Penanaman dilakukan secara rutin setiap hari.

Pada tahun 2020 kami akan tetap mempersiapkan penanaman. Penanaman bukan hanya tabebuya, karena ada banyak jenis pohon berbunga yang kami tanam. Meski demikian, kami mencari bunga yang bisa mekar dengan baik, kata Rohim.

Penanaman pohon tahun depan akan dilakukan di zona pejalan kaki baru. Jika ada pejalan kaki baru, kami fokus pada hal itu. Nanti kami akan menanam pekerjaan pejalan kaki, termasuk Tabebuya, lanjut Rohim.

Mekar panorama ini terbuat dari bunga Tabebuya juga dinikmati oleh salah satu warga Surabaya, Shella Rizki. Dia kagum melihat kota itu dihiasi bunga tabebuya yang mekar.

Sheilla Rizki menyebut keindahan ini seperti musim semi di negeri Sakura. Agar tidak kehilangan momen indah ini, ia mengambil gambar dengan latar belakang bunga Tabebuya.

Bunga-bunga ini jarang mekar, sehingga harus digunakan mekar penuh untuk foto di bawah pohon Tabebuya, dengan tulisan di Jepang, canda Shella Rizki

Deskripsi Pohon Tabebuya

Tabebuya adalah sejenis pohon besar dan memiliki bunga yang indah, pohon ini berasal dari Brasil. Pohon Tabebuya sering dibandingkan dengan pohon ceri di Jepang karena warnanya hampir sama.

Pohon Tabebuya memiliki keunggulan yaitu daun pohon tidak mudah rontok. Akar pohon Tabebuya juga tidak merusak rumah atau dinding, walaupun struktur akarnya keras. Pohon Tabebuya terlihat sangat bagus di musim semi karena mereka memiliki bunga yang sangat tebal dan warna yang mencolok.

Pohon tabebuya ini memiliki bunga dalam berbagai warna. Namun pohon tabebuya yang sering ditemukan adalah pohon dengan warna bunga kuning dan bentuk terompet. Pohon tabebuya seperti itu sangat umum di Indonesia.

Bunga-bunga pohon Tabebuya panjangnya 3-11 cm, berbentuk terompet dan tumbuh rumpun. Warna bunga pohon Tabebuya bervariasi dengan putih, merah muda, kuning, oranye, magenta dan merah.Selain warna yang indah, bunga ini juga dilengkapi dengan garis-garis ungu.

Pohon tabebuya adalah sejenis pohon rindang atau pohon rindang, tetapi juga dapat digunakan sebagai pohon hias. Pohon Tabebuya dapat berbunga banyak dan tidak pecah dari awal musim kemarau hingga awal musim hujan.

Habitat asli pohon Tabebuya sebenarnya adalah daerah kering, sehingga pohon Tabebuya memiliki ketahanan yang tinggi terhadap kekeringan. Pohon ini dapat digunakan sebagai benih reboisasi di tengah suatu tempat. Karena daya tahannya yang kuat, tidak perlu diservis secara rutin.

Pohon ini adalah pohon hias yang populer tidak hanya di daerah tropis, tetapi juga di daerah beriklim subtropis. Pohon Tabebuya juga tidak membutuhkan banyak perawatan, mereka hanya memotong batang pohon yang mati. Hama dan penyakit juga jarang menyerang pohon tabebuya ini.

Ada dua jenis pohon tabebuya yang populer untuk pohon hias: pohon tabebuya dengan bunga kuning dan pohon tabebuya dengan bunga merah muda. Sekarang pohon Tabebuya telah menjadi pohon rindang di kota-kota besar di Indonesia, Malang, Surabaya dan Jakarta.

Cara Budidaya Pohon Tabebuya

Penanaman Bibit Pohon Tabebuya

Pembibitan Tabebuya sering dioperasikan dengan biji (metode generatif). Biji ini harus benar-benar biji tua untuk menjadi biji. Tandanya adalah biji tua, biasanya biji ini jatuh dari pohon. Setelah Bibit Tabebuya ini sudah dikumpulkan, langkah selanjutnya adalah mengeringkan biji di bawah terik matahari.

Kemudian biarkan biji mengering di tempat yang kering selama 1 bulan. Setelah 1 bulan, benih harus ditaburkan di media benih yang terdiri dari tanah dicampur dengan pupuk organik (pupuk kandang dan kompos). Campurkan 1: 1 antara tanah dan pupuk organik. Bibit dan perawatan sampai bibit pohon Tabebuya setinggi 1 m, maka benih dapat ditanam.

Keuntungan dari pohon tabebuya

Pohon Tabebuya tentu tidak ditanam sebagai pohon hias, tentu saja ada banyak keuntungan lain, tetapi banyak orang yang tidak menyadarinya. Beberapa keuntungan dari pohon Tabebuya dijelaskan di bawah ini:

Seperti pohon bayangan atau pohon bayangan

Keuntungan pertama dari pohon Tabebuya tentu saja adalah pohon bayangan atau pohon bayangan.

Proses penanaman bibit pohon tabebuya

Langkah selanjutnya adalah menanam benih dan menyiapkan media tanam dengan campuran tanah dan pupuk, seperti halnya dengan bibit. Lalu buat lubang dengan kedalaman 30 cm – 50 cm.

Kemudian tanam bibit pohon Tabebuya tepat di tengah lubang tanam sehingga bibit pohon Tabebuya bisa tumbuh kembali nanti. Lengkap dengan kayu yang dapat dieksekusi dan ikat bibit pohon Tabebuya ke pohon penegakan hukum.

Kemudian secara perlahan dan padat susun bibit pohon tabebuya agar pohon tabebuya tidak mudah roboh.

Memelihara bibit pohon Tabebuya

Sirami bibit pohon tabebuya secara teratur. Jika pohon tabebuya mencapai ketinggian lebih dari 10 m, pohon itu tidak perlu disiram lagi. Menyirami pohon tabebuya cukup mudah.

Langkah selanjutnya adalah pembuahan. Pohon tabebuya harus dibuat secara teratur agar pohon tabebuya menghasilkan bunga yang lebat dan warna yang lebih mencolok.

Pemupukan pohon Tabebuya sebenarnya tidak perlu, tetapi hasil bunga juga biasa-biasa saja. Berbeda dengan saat menggunakan pupuk.

Sebagai Pohon Penenduh

Pohon Tabebuya ini memang sangat cocok bila ditanam di pekarangan. Rumah kita akan terlihat lebih indah dan menarik. Pohon Tabebuya juga bisa menciptakan suasana bersih.

Pohon Tabebuya jarang ditanam hari ini di rumah-rumah di Indonesia, yang terutama ditanam di rumah-rumah di Jepang (di mana pohon Tabebuya disebut sebagai pohon ceri).

Memang, Jepang terkenal dengan keindahan dan kebersihannya, yang tidak dapat dipisahkan dari peran pohon tabebuya. Jika kita ingin meniru keindahannya, kita harus segera berkumpul untuk menanam pohon tabebuya ini.