Varietas Unggul Tanaman Buah Belimbing

Belimbing merupakan buah yang banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia,yang mana buah ini memiliki rasa yang manis,masam namun sangat menyegarkan. Hal itulah yang membuat warga indonesia banyak berbudidaya buah belimbing di sekitar pekarangan rumah. Nah,kali ini saya akan menjelaskan beberapa varietas belimbing lainnya. simak ulasan di bawah ini.

Varietas Unggul Tanaman Buah Belimbing

BELIMBING MALAYA

Tanaman belimbing merupakan tumbuhan yang berbentuk sangat khas yang mana buah belimbing ini  berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka, saat ini, buah belimbing telah banyak tersebar luas terutama di sebagian penjuru di kawasan Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, dan Polinesia,belimbing malaya ini sangat cocok dijadikan sebuah usaha penanaman secara komersial. Usaha ini banyak dilakukan di negara Amerika Serikat, yaitu terletak di di Florida Selatan dan Hawaii, di Indonesia sendiri buah belimbing malaya ini  dijadikan sebuah ikon untuk kota Depok, Jawa Barat, sejak tahun 2007.

Baca Juga: Harga Bibit Durian Musang King Kaki 3

Belimbing malaya  ini pertama kali didatangkan dalam kondisi masih berbentuk bibit okulasi dan awal mulanya ditanam di kota Bogor yang mana di wilayah tersebut memiliki cuaca yang sangat dingin dan juga sejuk,dan sangat cocok untuk penanaman buah belimbing malaya. Belimbing jenis ini akan mendapatkan hasil buah yang melimpah ketika dipetik antara umur 65-79 hari, pada umur tersebut buah belimbing malaya akan berwarna kuning keemasan, dan juga memiliki tekstur buah yang mulai melunak dan juga mempunyai rasa yang sangat manis,namun rasanya akan semakin manis jika dipetik umur antara umur 90 hari.

Tanaman belimbing malaya ini akan tumbuh dengan sangat baik di tempat dengan ketinggian 0-800 m di atas permukaan laut dengan curah hujan yang sangat tinggi dan juga harus mendapat cukup paparan dari  sinar matahari,kemudian untuk jenis tanah yang sesuai adalah tanah yang mempunyai ph tinggi dan pastikan gembur, berdrainase baik, dan juga dapat menahan genangan air

Tanaman belimbing malaya ini memiliki ciri yang sangat unik yaitu berwarna kuning cerah dan pada pinggiran nya cenderung berwarna coklat muda,dan buah ini mempunyai rasa yang sangat manis ketika matang yang mana sangat berbeda dibandingkan dengan jenis belimbing lainnya.

BELIMBING SEMBIRING

Belimbing jenis sembiring ini merupakan varietas unggulan lainnya dari buah belimbing,jenis buah belimbing sembiring ini tidak sama dengan jenis belimbing lainya,belimbing sembiring ini mempunyai daging besar dan juga cukup berair yang mana menjadi  sebuah ciri belimbing varietas Sembiring,pada bagian pinggiran memiliki bentuk mirip bintang tebal dan di bagian tengahnya berwarna cerah menjadikanya lebih digemari daripada varietas belimbing lain yang tekstur dagingnya lebih tipis dan kadar airnya lebih sedikit.

Belimbing sembiring ini awalnya dikembangbiakkan di wilayah sumatera utara pada tahun sekitar 1980 an,dinamakan sembiring karena kon penemu belimbing ini adalah teguh sembiring yang mempopulerkan tanaman in.Tak heran jika banyak warga di sumut beramai-ramai menanam buah belimbing sembiring ini,karena belimbing ini cukup laku di pasaran dan juga mempunyai nilai ekonomis yang menjanjikan.

Di dalam buah belimbing sembiring ini terselip sebuah  keunikan tersendiri,yang mana belimbing ini hanya dapat tumbuh subur serta menghasilkan buah yang berkualitas hanya di Desa asalnya yaitu desa Namoriam,sedangkan jika ditanam di daerah lain, kualitasnya langsung menurun. Salah seorang warga pernah menuturkan jika buah ini pernah di tanam di daerah jawa barat,namun selang beberapa hari buah belimbing sembiring ini layu dan akhirnya mati,tak heran jika belimbing ini jarang sekali ditemukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.